Adriani, Melisa (2013) Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengembangkan Cara Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MELISA_ADRIANI_00052_1939_2013.pdf [thumbnail of B1_5_MELISA_ADRIANI_00052_1939_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MELISA_ADRIANI_00052_1939_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Layanan bimbingan yang efektif tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama guru BK dengan personil lain yang terkait baik di dalam maupun di luar sekolah. Namun kenyataan dilapangan masih kurang optimalnya kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa di SMK N 1 Sawahlunto.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran dan guru BK di SMK N 1 Sawahluntoyang berjumlah 74 orang. Instrumen penelitian ini berupa pedoman wawancara dan angket wawasan guru mata pelajaran mengenai peran sebagai pembimbing di sekolah serta angket mengenai bentuk kerjasama guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa di sekolah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknikpersentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) wawasan guru mata pelajaran mengenai peran sebagai pembimbing di sekolah 72,89% tergolong baik, (2) kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa dalam hal persiapan belajar siswa 70,98% tergolong baik, (3) kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa dalam hal mengikuti pelajaran 75,27% tergolong baik, dan (4) kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa dalam hal sebelum mengikuti ujian dan menindaklanjuti hasil ujian 67,57% tergolong baik.
Berdasarkan temuan ini disarankan bagi guru BK dengan guru mata pelajaran agar lebih meningkatkan lagi kerjasamanya dalam mengembangkan cara belajar siswa misalnya dengan cara mengkoordinasikan dan mengintegrasikan program BK yang menjadi kebutuhan siswa yang disosialisasikan guru BK kepada guru mata pelajaran sehingga nantinya siswa mampu memperoleh hasil yang lebih baik lagi dalam belajar, dan bagi kepala sekolah agar dapat mengambil tindakan dan langkah-langkah yang konkrit untuk dapat menciptakan kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengembangkan cara belajar siswa di sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:18 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14196 |