Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang

Rosita, Mela (2020) Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MELA_ROSITA_16020106_3689_2020.pdf] Text
B1_5_MELA_ROSITA_16020106_3689_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan penguatan verbal dan non verbal dengan hasil belajar
siswa yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal di kelas VIII
SMP Negeri 24 padang. Penelitian ini bertujuan agar penguatan verbal dan non
verbal ini diterapkan dalam pendidikan untuk memberikan apresiasi atas kinerja
siswa berupa penghargaan.
Data penelitian bersumber dari hasil belajar sisiwa kelas VIII A dan VIII H.
Metode yang digunakan daam penelitian adalah metode kuantitatif eksperimen,
desain quasi eksperimental dengan penentuan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Hasil penelitian kelas eksperimen menggunakan penguatan
verbal dan non verbal memiliki nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan
dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal
yaitu 85.62 pada kelas ekperimen dan 76.78 pada kelas kontrol.
Berdasarkan t-test diperoleh hasil thitung=9.287 dan ttabel= 1.998 pada taraf
alpha= 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran
seni rupa yang menggunakan penguatan verbal dan non verbal dengan
pembelajaran yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Verbal, Non Verbal, Hasil Belajar, Seni Rupa
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:58
Last Modified: 18 Jun 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

View Item
View Item