Peran Guru Bimbingan Konseling/Konselor dan Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah di SMA Negeri Kota Padang

Sari, Mega Mulya (2014) Peran Guru Bimbingan Konseling/Konselor dan Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah di SMA Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MEGA_MULYA_SARI_11857_716_2014.pdf] Text
B1_5_MEGA_MULYA_SARI_11857_716_2014.pdf

Download (588kB)

Abstract

siswa dengan hasil belajar rendah cenderung memiliki motivasi belajar
rendah pula. Kondisi ini hendaklah menjadi perhatian guru BK/konselor dan guru
mata pelajaran, agar tidak berdampak pada kesuksesan belajar dan masa depan
siswa itu. Guru BK dan guru mata pelajaran haruslah berperan meningkatkan
motivasi belajar mereka, sehingga mampu mendapatkan hasil yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru BK/Konselor dan guru
mata pelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang memperoleh
hasil belajar rendah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah guru BK/Konselor dan guru mata pelajaran di SMA Negeri
se kota Padang. Sampel penelitian diperoleh dari guru BK/Konselor dan guru
mata pelajaran di SMA N 3, SMA N 5, SMA N 7, SMA N 8, dan SMA N 16
Padang yang berjumlah 110 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik
persentase.
Temuan penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan peran guru
BK/Konselor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan
informasi termasuk kategori baik, (2) Pelaksanaan peran guru BK/Konselor dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan konseling perorangan
termasuk kategori cukup baik, (3) Pelaksanaan peran guru mata pelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan bimbingan di dalam kelas
termasuk kategori baik, dan (4) Pelaksanaan peran guru mata pelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan bimbingan di luar kelas
termasuk kategori cukup baik.
Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada: (1) Kepala sekolah
untuk dapat membantu merumuskan kebijakan dalam membantu meningkatkan
motivasi belajar siswa yang memperoleh hasil belajar rendah, dengan cara
menyusun program pelatihan guru BK/konselor tentang cara memotivasi siswa
dalam belajar, (2) Guru BK/Konselor lebih meningkatkan perannya dalam
memotivasi siswa yang memperoleh hasil belajar rendah melalui layanan
informasi dengan informasi terbaru dan layanan konseling perorangan, (3) Guru
mata pelajaran lebih meningkatkan perannya dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa yang memperoleh hasil belajar rendah melalui kegiatan bimbingan
di dalam dan luar kelas, seperti keterampilan siswa belajar, layanan khusus serta
kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:45
Last Modified: 18 Jun 2025 02:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item
View Item