Pengaruh LKS Metakognitif pada Materi Pemanasan Global dan Gelombang Mekanik terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang

Arsita, Rahma Dewi (2015) Pengaruh LKS Metakognitif pada Materi Pemanasan Global dan Gelombang Mekanik terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RAHMA_DEWI_ARSITA_1101412_5979_2015.pdf] Text
B1_5_RAHMA_DEWI_ARSITA_1101412_5979_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi siswa dalam pembelajaran Fisika di SMAN 7 Padang disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep dan prinsip Fisika. Pendekatan metakognitif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas belajar siswa, membantu, dan membimbing siswa jika ada kesulitan, dan membantu siswa untuk mengembangkan konsep diri mengenai apa yang dilakukan dalam pembelajaran Fisika. Dalam suatu proses pembelajaran perlu digunakan LKS untuk mendukung keterlaksanaan proses pembelajaran. LKS dapat mengarahkan pola pikir dan menciptakan kemandirian siswa dalam belajar serta menemukan pengetahuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan LKS Metakognitif pada materi pemanasan global dan gelombang mekanik terhadap kompetensi Fisika siswa kelas XI di SMAN 7 Padang pada aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental dengan posttest- only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk kompetensi pengetahuan, format lembaran observasi untuk kompetensi sikap, dan rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ”terdapat perbedaan kompetensi Fisika siswa dengan pembelajaran menggunakan LKS Metakognitif dengan yang tidak menggunakan pada kelas XI MIA di SMAN 7 Padang” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05 dengan rata-rata untuk masing-masing kompetensi secara berurutan adalah 88,63 untuk kompetensi pengetahuan, 79,85 untuk kompetensi sikap, dan 81,13 untuk kompetensi keterampilan. Dengan demikian, penggunaan LKS Metakognitif pada materi pemanasan global dan gelombang mekanik dapat meningkatkan kompetensi siswa pada aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS METAKOGNITIF, PEMANASAN GLOBAL DAN GELOMBANG MEKANIK, KOMPETENSI FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:44
Last Modified: 18 Jun 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item
View Item