Mayuliardi, Mayuliardi (2011) Pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XPh Pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) di SMK N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MAYULIARDI_65509_2011.pdf [thumbnail of B1_5_MAYULIARDI_65509_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MAYULIARDI_65509_2011.pdf
Download (300kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK N 6 Padang hasil belajar
siswa pada mata diklat KKPI masih dibawah rata-rata dan penelitian ini juga
berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh
guru sebagai sumber informasi. Banyak media yang yang diterapkan oleh guru
dalam penyajiannya Salah satunya adalah dengan menggunakan media
pembelajaran CD Multimedia Interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
eksperimen untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan
CD Multimedia Interaktif dan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa
kelas XPh SMK N 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/ 2011 dan
teknik dalam penentuan sampel adalah purposive random sampling sehingga yang
menjadi sampel adalah kelas XPh yang menggunakan media pembelajaran CD
Multimedia Interaktif sebagai kelompok eksperimen dan metode ceramah (Model
Direct Instruction) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata
(uji t). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan media
pembelajaran CD Multimedia Interaktif memiliki nilai rata-rata nilai (75,07) lebih
tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode ceramah
(71,23). Sedangkan dari perhitungan uji t diperoleh thitung adalah 4,41 sedangkan
ttabel sebesar 0,679. dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya
dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada kelas
eksperimen siswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan
potensinya. Kegiatan ini mengakibatkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya
akan bertahan lama. Pada kelas kontrol siswa lebih banyak sebagai penerima
informasi dan guru telah mengemas pesan yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen dan Kontrol, CD Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran, KKPI, Metode Ceramah, dan Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14159 |