Sari, Maytika (2015) Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MAYTIKA_SARI_1101377_2166_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MAYTIKA_SARI_1101377_2166_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MAYTIKA_SARI_1101377_2166_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu penyebab pencapaian hasil belajar yang masih rendah adalah
siswa belum biasa dengan kegiatan belajar yang menuntut siswa aktif
memecahkan permasalahan yang ditemui selama proses belajar dan pembelajaran.
Siswa akan terbiasa belajar secara mandiri jika tersedia penuntun belajar. Salah
satunya berbentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk
melihat pengaruh penerapan LKS berorientasi model Cooperative Learning tipe
Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan
randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VII SMP N 3 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015.
Sampling dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian
meliputi hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah
psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk hasil belajar pada ranah
kognitif, lembar observasi untuk hasil belajar pada ranah afektif, dan lembar
penilaian unjuk kerja untuk hasil belajar pada ranah psikomotor. Analisis data
untuk hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dilakukan dengan uji
kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t, sedangkan untuk ranah psikomotor
menggunakan uji t’.
Analisis data hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas
eksperimen 2,77 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 2,39, hasil belajar pada ranah
afektif, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 3,46 dan kelas kontrol 3,29, dan
hasil belajar pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 3,45
dan kelas kontrol 3,16. Uji kesamaan dua rata-rata pada ranah kognitif dan ranah
afektif dengan taraf nyata α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel dan pada ranah
psikomotor dengan taraf nyata α = 0,05 didapatkan t’ > ttabel. Hal ini menunjukkan
adanya perbedaan pada kedua kelas sampel yang diyakini karna adanya pengaruh
penerapan LKS berorientasi model cooperative learning tipe snowball throwing.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan
LKS berorientasi model cooperative learning tipe snowball throwing terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 3 Padang pada taraf nyata 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14157 |