Marlis, Marlis (2012) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Kompetensi IPA FISIKA Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII MTsN Bukit Bunian Bukareh Kecamatan Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MARLIS_84091_2012.pdf [thumbnail of B1_5_MARLIS_84091_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MARLIS_84091_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis masalah terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa dalam pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan pada MTsN Bukit Bunian Bukareh Kecamatan Tilatang semester Juli-Desember Tahun 2011.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Bukit Bunian Bukareh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling dan terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian untuk pencapaian kompetensi ranah kognitif adalah dalam bentuk tes obyektif yang digunakan setelah melalui uji coba dengan r11 = 0.78, untuk ranah afektif dalam bentuk lembaran observasi dan ranah psikomotor dalam bentuk rubrik penskoran. Teknik analisis data pada ranah kognitif dan psikomotor menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, sedangkan untuk ranah afektif digunakan perbandingan proporsi skor rata-rata kedua kelas sampel yang nilainya dikonversikan menjadi huruf.
Berdasarkan data dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pencapaian kompetensi siswa rata-rata pada ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 70.42 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 61.66. Pencapaian kompetensi siswa pada ranah afektif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini dilihat dari perbandingan proporsi skor rata-rata antara kedua kelas. Pencapaian kompetensi siswa rata-rata pada ranah psikomotor kelas eksperimen yaitu 79.39 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 74.22. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata pada ranah kognitif diperoleh t hitung = 2.336 dan t tabel = 1.678 dan untuk ranah psikomotor diperoleh t hitung = 5.88 dan t tebel = 1.678. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis masalah terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII MTsN Bukit Bunian Bukareh Kecamatan Tilatang Kamang pada taraf kepercayaan 95 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS berbasis masalah, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:51 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14142 |