Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Pembelajara Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Amelia, Rizqika (2019) Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Pembelajara Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIZQIKA_AMELIA_15016094_5898_2019.pdf] Text
B1_01_RIZQIKA_AMELIA_15016094_5898_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tindak tutur ekspresif yang digunakan guru terkadang mendapat respon
yang positif dan terkadang mendapat respon yang negatif. Tindak tutur yang
dimaksudkan misalnya tindak tutur memuji, menyalahkan, mengkritik, berterima
kasih, mengucapkan selamat, dan berbelasungkawa. Penelitian ini bertujuan untuk
1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, 2) mendeskripsikan strategi bertutur dalam tindak tutur ekspresif guru
terhadap siswa yang terjadi pada saat pembelajaran di kelas sedang berlangsung,
3) mendeskripsikan konteks penggunaan strategi bertutur dalam tindak tutur
ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1
Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap
(SBLC), rekam, dan catat. SBLC maksudnya adalah penulis merekam perilaku
berbahasa di dalam satu peristiwa tutur dengan tanpa keterlibatannya dalam
peristiwa tutur tersebut. Jadi, dalam hal ini peneliti hanya sebagai pengamat
penggunaan bahasa oleh para informan atau subjek penelitian. Data yang
diperoleh dari hasil rekaman kemudian ditranskipkan ke dalam bahasa tulis.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai
berikut. Pertama, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia
di kelas VII 1 SMP Negeri 1 Enam Lingkung menggunakan empat jenis tindak
tutur ekspresif, yaitu tindak tutur ekspresif memuji, tindak tutur ekspresif
menyalahkan, tindak tutur ekspresif mengkritik, dan tindak tutur ekspresif
mengucapkan terima kasih. Tindak tutur yang paling dominan ditemukan adalah
tindak tutur ekspresif memuji dan yang paling sedikit adalah tindak tutur ekspresif
mengkritik. Kedua, strategi bertutur guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP
Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman ada empat, yaitu bertutur
terus terang tanpa basa-basi, berterus terang dengan basa-basi kesantunan positif,
berterus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan strategi berututr samar
samar. Strategi bertutur yang paling dominan digunakan guru bahasa Indonesia di
kelas VII adalah strategi bertutur berterus terang tanpa basa-basi. Ketiga, konteks
penggunaan strategi bertutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia
di kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman adalah
topik pembahasan materi, tempat di dalam kelas, penuturnya guru terhadap siswa
dengan menggunakan sapaan kekerabatan, seperti “nak” dan “penyebutan nama
diri” karena tindak tutur ekspresif guru dalam PBM digunakan kepada lawan tutur
yang lebih kecil dari penutur.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:47
Last Modified: 11 Feb 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item
View Item