Witra, Manda (2014) Kontribusi Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas X TAV di SMK N 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MANDA_WITRA_97606_3915_2014.pdf [thumbnail of B1_5_MANDA_WITRA_97606_3915_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MANDA_WITRA_97606_3915_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X TAV di SMKN 2 Solok,dimana 38,71% siswa mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 62 orang dan sampel berjumlah 39 orang siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran KKPI kelas X TAV SMKN 2 Solok. Sedangkan data sarana prasarana dan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 17,39% terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok ; (2) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 16,40% terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok; (3) sarana prasarana dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 21,34% terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sarana Prasarana dan Motivasi Belajara berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin dioptimalkan pemanfaatan sarana prasarana dan makin tinggi motivasi belajar, maka hasil belajar akan semakin baik pula.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana Prasarana, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14115 |