Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Disertai Tugas Awal terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Sartika, Malisa Yulia (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Disertai Tugas Awal terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MALISA_YULIA_SARTIKA_05059_661_2013.pdf] Text
B1_5_MALISA_YULIA_SARTIKA_05059_661_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa siswa kurang aktif selama proses pembelajaran IPA-fisika. Oleh sebab itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang bisa meningkatkan aktifitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA-fisika berlangsung. Diharapkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa hasil belajar yang dicapai juga akan meningkat. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) disertai tugas awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai tugas awal terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2012 / 2013 kecuali kelas unggul. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah Cluster Random Sampling.Teknik analisis data untuk ranah kognitif menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 dan untuk ranah afektif adalah dengan menginterpretasi data dalam bentuk grafik secara kualitatif serta dilanjutkan dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar IPA-fisika siswa pada ranah kognitif dan ranah afektif. Untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai tugas awal hasil belajar IPA-fisika lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran sesuai dengan KTSP tetapi tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen untuk ranah kognitif adalah 72,92 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 64,83 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa untuk ranah afektif pada kelas eksperimen adalah 77,78 dan untuk kelas kontrol adalah 70,45. Setelah dilakukan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai tugas awal terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Hasil belajar yang lebih tinggi tersebut dikirakan karena menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:01
Last Modified: 18 Jun 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item
View Item