Teaching Writing a Recount Text through Implementing A Letter From Miami

Ratih, Mai (2011) Teaching Writing a Recount Text through Implementing A Letter From Miami. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MAI_RATIH_77154_1672_2011.pdf] Text
B1_MAI_RATIH_77154_1672_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam makalah ini didiskusikan teknik pengajaran writing khususnya
Recount Text melalui penerapan teknik A Letter from Miami kepada siswa sekolah
menengah atas. Teknik ini adalah salah satu cara yang menarik untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis khususnya Recount Text karena
penerapan teknik ini berorientasi pada siswa.
A Letter from Miami adalah suatu teknik yang menggunakan sebuah surat
sebagai awal dari cerita yang nantinya akan diselesaikan oleh siswa dalam
penerapannya. Surat tersebut adalah surat undangan misterius dari Miami. Surat
itu ditujukan kepada para siswa sekolah. Siswa diharuskan untuk menerima
undangan tersebut. Kemudian, surat balasan dari si pengirim diberikan kepada
para pembelajar. Cerita ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan antara si
pengirim surat dan siswa. Di dalam kegiatan ini siswa disuruh untuk menuliskan
cerita tentang apa yang mereka alami hari itu (hari mereka menerima surat
misterius tersebut), apa pendapat mereka tentang undangan tersebut. Selanjutnya,
para siswa melanjutkan cerita mereka dengan mengimajinasikan bagaimana
pertemuan mereka, bagaimana situasi, dimana mereka bertemu, siapa-siapa saja
yang ikut dalam pertemuan tersebut. Dengan menerapkan A Letter from Miami
ini, secara tidak langsung mereka belajar membuat teks recount sendiri.
Penerapan A Letter from Miami diharapkan dapat menjadi salah satu
alternatif bagi
guru di dalam pengajaran writing recount text.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:46
Last Modified: 11 Feb 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item
View Item