Zaus, Mahesi Agni (2014) Hubungan Ketersediaan Layanan e-Commerce dan Persepsi Masyarakat tentang e-Commerce terhadap Minat Belanja Online (Studi Kasus TokoTaki.com). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MAHESI_AGNI_ZAUS_55745_2608_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MAHESI_AGNI_ZAUS_55745_2608_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MAHESI_AGNI_ZAUS_55745_2608_2015.pdf
Download (673kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Hubungan Ketersediaan Layanan ecommerce
terhadap Minat belanja online. (2) Hubungan Persepsi masyarakat tentang ecommerce
terhadap Minat belanja online. (3) Hubungan Ketersediaan Layanan ecommerce
dan Persepsi masyarakat tentang e-commerce bersama-sama terhadap Minat
belanja online. Penelitian ini dilakukan pada Toko online yaitu TokoTaki.com.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini
adalah costumer TokoTaki.com yang melakukan transaksi pembelian pada bulan Januari-
Februari 2014 sebanyak 133 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan
proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis
data adalah: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji normalitas, uji homogenitas,
uji linieritas, dan uji multikolonialitas.
Hasil penelitian ini pada tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa (1)
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan Ketersediaan layanan e-commerce terhadap
Minat belanja online terlihat dari sig 0,000 < α = 0,05 atau rhitung = 0,886 > rtabel = 0,195
yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan
antara Persepsi masyarakat tentang e-commerce terhadap Minat belanja online terlihat dari
sig 0,000 < α = 0,05 atau rhitung = 0,909 > rtabel = 0,195 yang membuktikan bahwa
hipotesis diterima. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan ketersediaan layanan ecommerce
dan persepsi masyarakat tentang e-commerce secara bersama-sama terhadap
minat belanja online terlihat dari sig 0,00 < α = 0,05 atau Fhitung = 267.065 > Ftabel = 3,09
yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan Ketersediaan
layanan e-commerce dan Persepsi masyarakat tentang e-commerce memiliki hubungan
terhadap Minat belanja online, semakin bagus Ketersediaan layanan e-commerce dan
Persepsi masyarakat tentang e-commerce maka semakin banyak juga masyarakat yang
berminat berbelanja online
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belanja online, Ketersediaan Layanan e-commerce ,Persepsi masyarakat tentang e-commerce |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 05:52 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 05:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14106 |