Affani, M. Rifat (2014) Permasalahan Siswa Dalam Mengikuti Praktek Kerja Industri dan Implikasi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_M_RIFAT_AFFAM_54197_4288_2014.pdf [thumbnail of B1_5_M_RIFAT_AFFAM_54197_4288_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_M_RIFAT_AFFAM_54197_4288_2014.pdf
Download (556kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang ada berkaitan dengan
permasalahan yang ditemui pada siswa SMK, dalam mengikuti praktek kerja
industri (PRAKERIN). Permasalahan tersebut berkaitan dengan Prasyarat
Penguasaan Materi (P), Keterampilan Belajar (T), Sarana dan Prasarana (S), Diri
Pribadi (D) dan Lingkungan Sosio-emosional (L). Penelitian ini bertujuan untuk
melihat gambaran permasalahan siswa SMK dalam mengikuti praktek kerja
industri diihat dari aspek Prasyarat Penguasaan Materi (P), Keterampilan Belajar
(T), Sarana dan Prasarana, Diri Pribadi (D) dan Lingkungan Sosio-emosional (L),
serta implikasi terhadap layanan Bimbingan dan Konseling.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang
telah mengikuti PRAKERIN sebanyak 326 orang. Jumlah sampel yaitu 80 orang
siswa yang diperoleh dengan teknik proporsional random sampling. Data
dikumpulkan dengan mengadministrasikan angket, dan diolah melalui teknik
statistik dengan menentukan nilai mean, median, modus, standar deviasi, range
dan skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya siswa yang mengalami masalah
saat mengikuti prakerin berkaitan dengan aspek Prasyarat Penguasaan Materi (P)
pada umumnya berada pada kategori tinggi, Keterampilan Belajar (T) pada
umumnya berada pada kategori sedang, Sarana dan Prasarana (S) pada umumnya
berada pada kategori sedang, Diri Pribadi (D) pada umumnya berada pada
kategori sedang dan Lingkungan Sosio-emosional (L) juga berada pada umumnya
berada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan
kepada guru BK untuk menyusun program layanan yang dapat mempersiapkan
siswa sebelum melaksanakan PRAKERIN. Sehingga permasalahan yang dialami
siswa sebelumnya tidak muncul kembali. Selain itu, perlu layanan bimbingan dan
konseling untuk mengentaskan permasalahan siswa dalam mengikuti
PRAKERIN
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14098 |