Elvia, Hesmaita (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kartu Bervariasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAN 4 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_HESMAITA_ELVIA_05505_1111_2013.pdf [thumbnail of B1_2_HESMAITA_ELVIA_05505_1111_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_HESMAITA_ELVIA_05505_1111_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran sejarah dalam menginterpretasikan fakta, karena tujuan sejarah
adalah melatih anak untuk berpikir kritis terhadap pembentukan Indonesia ke
depannya. Hal ini terjadi karena menggunakan metode ceramah, sehingga hasil
belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka diperlukan suatu model
pembelajaran yang bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih
menginterpretasikan fakta. Salah satu solusinya adalah model pembelajaran kartu
bervariasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kartu bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah di kelas XI IS SMAN 4 Sijunjung.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitiannya
control group desain pretest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
Kelas XI IS yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian adalah
menggunakan tekhnik total sampling, karena hanya terdiri dari 2 kelas dan
seluruh populasi langsung menjadi sampel.
Hasil analisis data didapatkan bahwa dari segi gerak perubahan kerajaan
kerajaan Islam semua hipotesisnya diterima, jadi pembelajaran model kartu
bervariasi cocok digunakan dalam menginterpretasikan fakta. Hal itu dibuktikan
dengan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, di
lihat dari materi esensialnya untuk 5 kerajaan hiporesisnya diterima, berarti model
karu bervariasi ini cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Namun tidak
halnya dengan 3 kerajaan lain hipotesis penelitiannya ditolak, sehingga model
kartu bervariasi ini tidak bagus untuk 3 kerajaan ini.
Berdasarkan analisis di atas, diyakini bahwa model pembelajaran kartu
bervariasi bagus untuk menginterpretasikan fakta dan berpengaruh terhadap hasil
belajar sejarah, jika dibuat berdasarkan gerak perubahan. Dengan demikian
disarankan agar guru menyampaikan struktur materi yang akan dipelajari, dan
media yang digunakan sesuai dengan materi, dan pertanyaannya menggunakan 5
W, 1 H.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14077 |