Penerapan Model Pembelajaran Galperin pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA N 1 Gunung Talang

Pardi, Putri Ulan Sari (2013) Penerapan Model Pembelajaran Galperin pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA N 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PUTRI_ULAN_SARI_PARDI_12831_5226_2013.pdf] Text
B1_5_PUTRI_ULAN_SARI_PARDI_12831_5226_2013.pdf

Download (375kB)

Abstract

Hidrokarbon merupakan materi yang berisi tentang fakta, konsep dan prinsip. Konsep tentang alkana, alkena, alkuna, isomer, dan lain sebagainya. Siswa lebih mudah memahami materi hidrokarbon ini dengan terlibat aktif dalam proses pembelajaran tersebut sehingga aktifitas siswa meningkat dan hasil belajar juga meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa adalah model pembelajaran Galperin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan pribadi dan secara klasikal pada pembelajaran kimia dengan penerapan model pembelajaran Galperin di SMAN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian the one shot case study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SKU SMAN 1 Gunung Talang pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pada kelas X SKU 1 telah mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase 87,09%. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Galperin dapat menuntaskan siswa secara klasikal pada materi hidrokarbon di SMAN 1 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GALPERIN, KETUNTASAN KLASIKAL, HIDROKARBON
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:45
Last Modified: 17 Jun 2025 01:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item
View Item