Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas P1: Penelitian Tindakan Kelas di SLB Perwari Padang

Darmayanti, Darmayanti (2012) Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas P1: Penelitian Tindakan Kelas di SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DARMAYANTI_56604_4232_2012.pdf] Text
B1_2_DARMAYANTI_56604_4232_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan, dimana pada kelas
P.1 SLB Perwari Padang yang di dalamnya ada dua orang anak tunagrahita sedang
satu orang guru. Ketika dilaksanakan pembelajaran menulis permulaan, hasil
tulisan anak tidak jelas. Anak hanya mencoret sedikit di tengah kertas dan
terkadang menekankan pensil kuat-kuat. Hasil asesmen ternyata koordinasi gerak
mata dan tangan anak belum baik. Akibatnya dalam kehidupan sehari-haripun
anak masih banyak dibantu orang lain. Berdasarkan hal tersebut tersebut di atas,
peneliti mencoba melakukan kegiatan mewarnai untuk meningkatkan kemampuan
koordinasi gerak mata dan tangan anak. Penelitian ini bertujuan: 1)
Mendeskripsikan proses pembelajaran koordinasi mata dan tangan melalui
kegiatan mewarnai, dan 2) membuktikan kegiatan mewarnai dapat meningkatkan
kemampuan koordinasi mata dan tangan melalui latihan mewarnai pada anak
tunagrahita sedang kelas P.1.
Penelitian ini diangkat dengan menggunakan metode penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan
teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes, kemudian
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran
meningkatkan koordinasi gerak mata dan tangan melalui kegiatan meewarnai
dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dilakukan Sembilan kali pertemuan dan
siklus II dengan lima kali pertemuan. Masing-masing pertemuan yang diawali
dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan kegiatan akhir. 2) Hasil
pembelajaran dengan kegiatan mewarnai pada tes awal nilai kemampuan Ag
(22,2) dan Tn (16,7). Siklus I nilai kemampuan anak meningkat yakni: Ag (66,7)
dan Tn (55,6). Sedangkan siklus II bertambah meningkat yakni Ag memperoleh
(88,9) dan Tn (83,3) dari 10 kegaiatn mewarnai yang diujikan. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan
koordinasi gerak mata dan tangan anak tunagrahita sedang kelas P1 di SLB
Perwari Padang. Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk
dapat menggunakan kegiatan mewarnai dalam melatih koordinasi gerak mata dan
tangan anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata Dan Tangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 09:27
Last Modified: 16 Jun 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item
View Item