Andriani, Irna (2017) Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang Sedang Mengambil Mata Kuliah Teknik Konseling I. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_IRNA_ANDRIANI_1300396_3121_2017.pdf [thumbnail of B1_05_IRNA_ANDRIANI_1300396_3121_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_IRNA_ANDRIANI_1300396_3121_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Stres akademik adalah adanya ketidaksesuaian antara tuntutan mata kuliah dengan kemampuan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Kenyataan yang terjadi di lapangan masih adanya mahasiswa yang mengalami stres akademik dalam mengikuti perkuliahan terutama pada mata kuliah Teknik Konseling I, baik itu dilihat dari aspek gejala emosional, intelektual, fisik, maupun interpersonal.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tingkat stres akademik
mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang sedang mengambil mata kuliah Teknik Konseling I dari gejala emosional, gejala intelektual, gejala fisik, dan gejala interpersonal.
Penelitian ini berbentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang sedang mengambil mata kuliah Teknik Konseling I sebanyak 104 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuesioner. Data diolah menggunakan teknik persentase dengan bantuan program komputer. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat stres akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang sedang mengambil mata kuliah
Teknik Konseling I ditinjau dari: (1) gejala emosional berada pada kategori sedang, (2) gejala intelektual berada pada kategori sedang, (3) gejala fisik berada pada kategori sedang, dan (4) gejala interpersonal berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14039 |