Wahyu, Maulida Eka (2023) Pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS pada Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MAULIDA_EKA_WAHYU_HARAHAP_19020049_2400_2023.pdf [thumbnail of B1_05_MAULIDA_EKA_WAHYU_HARAHAP_19020049_2400_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MAULIDA_EKA_WAHYU_HARAHAP_19020049_2400_2023.pdf
Download (853kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaranBlended Learning terhadap hasil belajar kelas X IPS pada pembelajaran seni rupadua dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis trueeksperimental. Populasi penelitian adalah kelas X IPS. Sampel penelitianmenggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes danobservasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t dengan memanfaatkanprogram SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan daripembelajaran Blanded Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS padapembelajaran seni rupa dua dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang. Hal ini bisa dilihatdari ketuntasan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Blandedlearning, kelas eksperimen yang tuntas sebanyak 35 siswa (100%), tidak tuntas(0%). Sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, ketuntasanhasil belajar siswa hanya sebanyak 24 siswa (65%), tidak tuntas sebanyak 13siswa (35%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Blanded Learning, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Seni Rupa Dua Dimensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14037 |