Pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS pada Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang

Wahyu, Maulida Eka (2023) Pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS pada Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MAULIDA_EKA_WAHYU_HARAHAP_19020049_2400_2023.pdf] Text
B1_05_MAULIDA_EKA_WAHYU_HARAHAP_19020049_2400_2023.pdf

Download (853kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaranBlended Learning terhadap hasil belajar kelas X IPS pada pembelajaran seni rupadua dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis trueeksperimental. Populasi penelitian adalah kelas X IPS. Sampel penelitianmenggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes danobservasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t dengan memanfaatkanprogram SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan daripembelajaran Blanded Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS padapembelajaran seni rupa dua dimensi di SMA Pertiwi 1 Padang. Hal ini bisa dilihatdari ketuntasan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Blandedlearning, kelas eksperimen yang tuntas sebanyak 35 siswa (100%), tidak tuntas(0%). Sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, ketuntasanhasil belajar siswa hanya sebanyak 24 siswa (65%), tidak tuntas sebanyak 13siswa (35%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blanded Learning, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Seni Rupa Dua Dimensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 16 Jun 2025 09:22
Last Modified: 16 Jun 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item
View Item