Afriani, Dewi (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika (MPBE) Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DEWI_AFRIANI_1201941_3989_2016.pdf [thumbnail of B1_5_DEWI_AFRIANI_1201941_3989_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DEWI_AFRIANI_1201941_3989_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)terhadap hasil belajar mata pelajaran Melaksanakan Pekerjaan BengkelElektronika kelas X Mekatronika semester genap SMK Negeri 1 Sumatera BaratTahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen.Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan samplingpurposive, sebagai kelas eksperimen adalah X MEKA-A menggunakan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dankelas kontrol adalah X MEKA-B menggunakan model pembelajaran Kooperatif.Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk ujihomogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelaseksperimen mendapatkan nilai rata-rata 85,66, sedangkan kelas kontrolmendapatkan nilai rata-rata 77,61. Hasil perhitungan uji hipotesis pada tarafsignifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (4,06 > 2,042 ), karena thitung besardari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 10,45%. Dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Division (STAD) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswaSMK Negeri 1 Sumatera Barat .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, HASIL BELAJAR SISWA, BENGKEL ELEKTRONIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14036 |