Triana, Loly (2012) Pengembangan Bahan Ajar Termodinamika Berbahasa Inggris Berorientasi PAKEM dengan Menggunakan Framework Wordpress untuk Siswa R-SMA BI 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_LOLY_TRIANA_01946_595_2013.pdf [thumbnail of B1_5_LOLY_TRIANA_01946_595_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_LOLY_TRIANA_01946_595_2013.pdf
Download (843kB)
Abstract
Pembelajaran fisika untuk Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dilaksanakan berdasarkan perangkat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diperkaya dengan cara mengadopsi dan/atau mengadaptasi kurikulum sekolah pada negara maju yang memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan. Pengayaan tersebut meliputi muatan kurikulum dalam bentuk sumber belajar, buku teks siswa, buku pegangan guru, LKS (student worksheet), dan bahan ajar elektronik dalam bentuk e-learning, video cassette, compact disc, audio cassette, dan digital video disc. Namun bahan ajar elektronik dalam bentuk e-learning masih belum banyak tersedia. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-learning berbahasa Inggris untuk pembelajaran Fisika, khususnya untuk materi Termodinamika yang valid, praktis, dan efektif.
Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah adalah mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan Framework Wordpress. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar dalam bentuk e-learning dan siswa kelas XI IPA 6 R-SMA BI 10 Padang yang berjumlah 32 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan menurut guru Fisika, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tujuan dari penelitian “Pengembangan Bahan Ajar Termodinamika Berbahasa Inggris Berorientasi PAKEM dengan Menggunakan Framework Wordpress untuk Siswa R-SMA BI 10 Padang telah tercapai. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menyatakan Bahan Ajar Termodinamika Berbahasa Inggris Berorientasi PAKEM dengan Menggunakan Framework Wordpress untuk Siswa R-SMA BI 10 Padang yang telah diujicobakan valid, praktis, dan efektif
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:54 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14016 |