Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia di SMA N 1 Batang Anai.

Tri Yohanda, Dedek (2019) Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia di SMA N 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf] Text
B1_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa, kendala
yang dihadapi guru maupun upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan
aktivitas belajar siswa pada pembelajaran geografi materi kondisi wilayah dan
posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan
Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah Purposive
Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 dan
kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai. Metode pengumpulan data menggunakan
Teknik observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data dianalisis menggunakan Ms.
Excel 2010.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada kelas
XI IPS 3 dan XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai materi kondisi wilayah dan posisi
strategis indonesia sebagai poros maritim dunia masih dikategorikan MOTS
(Middle Order Thinking Skill) karena persentase skor kegiatan Aktivitas Belajar
Dasar (ABD) lebih tinggi dibandingkan dengan persentase skor kegiatan Aktivitas
Belajar Lanjut (ABL), serta masih banyak terdapat peserta didik yang
melaksanakan kegiatan Aktivitas Belajar Dasar (ABD) maupun Aktivitas Belajar
Lanjut (ABL) namun tidak melaksanakan kegiatan secara keseluruhan dengan
antusias dan konsisten. Kendala guru dalam mengembangkan aktivitas belajar
adalah sulit memahami kemampuan dan latar belakang peserta didik yang
berbeda, kurangnya keterampilan guru dalam memilih model dan metode berbasis
HOTS, kurangnya faktor penunjang pembelajaran, faktor internal peserta didik.
Solusi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa adalah dengan benar
benar memahami dan mengenali karakteristik peserta didik, diadakannya
pelatihan terhadap guru dalam pengembangan keterampilan tingkat tinggi peserta
didik (HOTS), mengetahui serta memahami karakter peserta didik, mengenali
minat bakat, kemampuan intelektual, selalu mengetahui perkembangan fisik,
psikis ataupun kesehatan serta kebutuhan diri pribadi peserta didik sehingga dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan efektif dan efisien
dilakukan di
lingkungan keluarga maupun pendidik,

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Dasar (ABD), Aktivitas Belajar Lanjut (ABL), Pembelajaran Geografi, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:28
Last Modified: 11 Feb 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item
View Item