Resiliensi Akademik Siswa di SMP Pada Masa Pembelajaran Daring

Hidayani, Maghfirah (2021) Resiliensi Akademik Siswa di SMP Pada Masa Pembelajaran Daring. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MAGHFIRAH_HIDAYANI_17006151_4843_2021.pdf] Text
B1_05_MAGHFIRAH_HIDAYANI_17006151_4843_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran yang tidak berjalan dengansemestinya, hal ini dapat menyebabkan kesulitan, ataupun tekanan bagi siswa dalammengikuti pembelajaran. Dalam situasi ini resiliensi sangat dibutuhkan oleh siswauntuk dapat mengikuti pembelajaran secara daring. Siswa yang memiliki resiliensiyang tinggi dapat bangkit dan mampu bertahan walaupun dihadapkan dengan situasiyang sulit. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan resiliensi akademik siswadi SMP Negeri 3 Painan pada masa pembelajarandaring ditinjau dari aspek:Ketekunan, refleksi diri, mencari bantuan adaptif, dampak pengaruh negatif terhadapsiswa dalam pembelajaran daring, respon emosional siswa dalam mengikutipembelajaran daring.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Painanberjumlah 156 siswa dengan sampel sebanyak 126 siswa yang dipilih dengan teknikproportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner resiliensiakademik dengan model skala likert, Pengolahan data dengan menggunakan aplikasiMicrosoft excel.Hasil penelitian secara keseluruhan ini menunjukkan bahwa resiliensi akademiksiswa pada masa pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Painan paling tinggi padakategori baik dengan persentase 50%. Jika ditinjau dari aspek ketekunan paling tinggipada kategori baik dengan persentase 44.4%, aspek refleksi diri paling tinggi padakategori baik dengan persentase 65%, aspek mencari bantuan adaptif paling tinggipada kategori sedang dengan persentase 71.4%, aspek dampak pengaruh negatifterhadap siswa dalam pembelajaran daring paling tinggi pada kategori sedang denganpersentase 47.6%, aspek respon emosional berada kategori sedang dengan persentase79.3%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:08
Last Modified: 16 Jun 2025 06:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item
View Item