Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2013/2014

Yunanda, Lina Triska (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_LINA_TRISKAYUNANDA_13759_3154_2014.pdf] Text
B1_5_LINA_TRISKAYUNANDA_13759_3154_2014.pdf

Download (692kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas X
Jurusan Teknik Elektronika yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah standar
kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar
Kelistrikan yang ditetapkan sekolah yaitu 72 dengan rentangan 0 - 100. Dari
banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah penggunaan
media pembelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media berbasis komputer.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh hasil belajar setelah
menerapkan media berbasis komputer berupa macromedia flash. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X
Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi TA 2013/2014.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal
objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat
bahwa kelas yang menggunakan media macromedia flash memiliki rata-rata nilai
(81,20) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media
powerpoint (73,16). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh Thitung adalah
3,03. dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima
pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada kelas eksperimen
siswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya.
Kegiatan ini mengakibatkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya akan
bertahan lama. Pada kelas kontrol siswa lebih banyak sebagai penerima informasi
dan guru telah mengemas pesan yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Macromedia Flash, Powerpoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:56
Last Modified: 16 Jun 2025 04:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item
View Item