Pengaruh Penggunaan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X di SMK Adzkia Padang

Kamil, Insanul (2012) Pengaruh Penggunaan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X di SMK Adzkia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_INSANUL_KAMIL_94250_1975_2012.pdf] Text
B1_05_INSANUL_KAMIL_94250_1975_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Adzkia Padang, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi yang ditetapkan sekolah yaitu 70 dengan rentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu metode
mengajar dan metode pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan menggunakan
metode Blended Learning dengan hasil belajar yang tidak menggunakan metode Blended Learning yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK
Adzkia Padang TA. 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampel setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi dengan
bantuan Microsoft Excel. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan menggunakan metode Blended Learning dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai
rata-rata siswa yang menggunakan Blended Learning yaitu 73,40 sementara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 67,81 Hasil hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel di dapati bahwa thitung 2,65 > ttabel 1,68, sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:55
Last Modified: 16 Jun 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item
View Item