Hubungan Antara Strategi Pengelolaan Pembelajaran Penyuluh dengan Motivasi Belajar Kelompok Tani di Nagari Bayua Kabupaten Agam.

Rahayu, Gustini Sri (2014) Hubungan Antara Strategi Pengelolaan Pembelajaran Penyuluh dengan Motivasi Belajar Kelompok Tani di Nagari Bayua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_GUSTINI_SRI_RAHAYU_96052_4153_2014.pdf] Text
B1_4_GUSTINI_SRI_RAHAYU_96052_4153_2014.pdf

Download (400kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar kelompok
tani dalam mengikuti penyuluhan yang diduga berkaitan dengan strategi
pengelolaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi
pengelolaan pembelajaran penyuluh dan motivasi belajar kelompok tani, serta
melihat hubungan antara stategi pengelolaan pembelajaran dengan motivasi
belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelompok tani di Nagari Bayua Kabupaten Agam sebanyak 110
orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin didapatkan
sampel sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pengelolaan
pembelajaran penyuluh kelompok tani masih kurang baik yaitu terlihat bahwa
penyuluh kurang baik dalam membuat urutan kegiatan pembelajaran dan
penyuluh kurang mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh warga belajar pada
saat pembelajaran, 2) gambaran motivasi belajar kelompok tani masih rendah,
terlihat dari kelompok tani tidak mengetahui bahwa pengetahuan tentang
pertanian berguna bagi kegiatan pembelajaran dan sebagian kelompok tani kurang
semangat dalam mengikuti pelatihan, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara
strategi pengelolaan pembelajaran penyuluh dengan motivasi belajar kelompok
tani di Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Diharapkan
kepada penyuluh kelompok tani di Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya
Kabupaten Agam untuk lebih memperhatikan strategi pengelolaan pembelajaran
dalam hal penjadwalan kegiatan belajar, memantau kemajuan belajar, serta
memberikan kontrol belajar kepada kelompok tani agar kelompok tani
mempunyai semangat yang tinggi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:55
Last Modified: 16 Jun 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item
View Item