Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 9 Padang

Liliyana, Liliyana (2016) Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_LILIYANA_1100540_1051_2016.pdf] Text
B1_5_LILIYANA_1100540_1051_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana siswa di SMK belum memiliki informasi tentang dunia kerja dan pilihan karir, belum mampu memilih karir yang sesuai dengan kemampuannya, dan belum mampu membuat keputusan karir yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kematangan karir siswa dilihat dari segi: (1) perencanaan karir; (2) eksplorasi karir; (3) pengetahuan tentang membuat keputusan karir; (4) pengetahuan tentang dunia kerja; (5) pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang lebih disukai serta implikasi kematangan karir siswa terhadap layanan BK.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 9 Padang pada Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 86 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup model Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus statistik.
Hasil penelitian mengungkapkan: (1) kematangan karir siswa pada aspek perencanaan karir berada pada kategori matang sebanyak 62 siswa dengan persentase 70%; (2) kematangan karir siswa pada aspek eksplorasi karir berada pada kategori matang sebanyak 49 siswa dengan persentase 57%; (3) kematangan karir siswa pada aspek pengetahuan tentang membuat keputusan karir berada pada kategori matang sebanyak 48 siswa dengan persentase 56%; (4) kematangan karir siswa pada aspek pengetahuan tentang dunia kerja berada pada kategori matang sebanyak 58 siswa dengan persentase 67%; (5) kematangan karir siswa pada aspek pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang lebih disukai berada pada kategori sangat matang sebanyak 34 siswa dengan persentase 40%. Berdasarkan temuan hasil penelitian disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling agar dapat memberikan bantuan kepada siswa dengan memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling yang berkaitan tentang perencanaan karir, eksplorasi karir, pengetahuan tentang membuat keputusan karir, pengetahuan tentang dunia kerja, serta pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang lebih disukai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:54
Last Modified: 16 Jun 2025 04:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item
View Item