Penerapan Pendekatan Inkuiri Bebas Termodifikasi Berbasis Simple Experiment and Easy Tools terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Padang

Dewi, Putri Citra (2013) Penerapan Pendekatan Inkuiri Bebas Termodifikasi Berbasis Simple Experiment and Easy Tools terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PUTRI_CITRA_DEWI_12718_3841_2013.pdf] Text
B1_5_PUTRI_CITRA_DEWI_12718_3841_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar IPA-Fisika yang sudah relatif baik pada ranah kognitif belum tentu mencerminkan ketercapaian hasil belajar untuk dua ranah lainnya, yaitu ranah afektif dan psikomotor. Banyak indikator hasil belajar IPA-Fisika termasuk indikator pada ranah psikomotor yang tidak tercapai karena dalam pembelajaran kegiatan praktikum jarang dilaksanakan. Oleh sebab itu telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh penerapan pendekatan inkuiri bebas termodifikasi berbasis simple experimen and easy tools terhadap pencapaian hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Padang. Populasi penelitian eksperimen semu dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design” adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data mencakup seluruh ranah penilaian, yaitu ranah kognitif dalam bentuk tes hasil belajar, ranah afektif dalam bentuk lembar observasi aktivitas siswa, dan ranah psikomotor dalam bentuk rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti penerapan pendekatan inkuiri bebas termodifikasi berbasis simple experiment and easy tools terhadap pencapaian kompetensi belajar IPA-Fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Padang untuk semua ranah penilaian secara kuantitatif” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri bebas termodifikasi berbasis simple experimen and easy tools dapat meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika siswa untuk ranah kognitif, afektif, maupun psikomot

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI, SIMPLE EXPERIMENT AND EASY TOOLS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:52
Last Modified: 16 Jun 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item
View Item