Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Modified Inquiry Berbantukan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Marsa, Putri Bullquis (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Modified Inquiry Berbantukan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PUTRI_BULLQUIS_MARSA_54936_5757_2015.pdf] Text
B1_5_PUTRI_BULLQUIS_MARSA_54936_5757_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA adalah dikarenakan proses pembelajaran IPA didominasi metode ceramah sehingga siswa tidak aktif dalam belajar. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini diterapkan model pembelajaran Modified Inquiry berbantukan lembar kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model pembelajaran Modified Inquiry berbantukan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (quasi experimental research) dengan menggunakan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, format observasi/penilaian pada ranah afektif, dan rubrik penskoran pada ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian didapatkan perhitungan data nilai rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor kelas eksperimen masing-masing diperoleh 76,18, 78,25, dan 80,51 lebih tinggi dibandingkan perhitungan data nilai rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor kelas kontrol yaitu 50,48, 72,92, dan 76,20. Dari analisis data didapatkan thitung pada ranah kognitif diperoleh 9,21, pada ranah afektif diperoleh 2,76, dan pada ranah psikomotor diperoleh thitung 2,55, untuk taraf nyata 0,05 hasil thitung ketiga ranah lebih besar dari ttabel (ttabel =1,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Modified Inquiry berbantukan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VIII SMPN 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY, LEMBAR KERJA SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:51
Last Modified: 16 Jun 2025 04:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13974

Actions (login required)

View Item
View Item