Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dilengkapi Time Token Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 14 Padang

Maulana, Imron (2018) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dilengkapi Time Token Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_IMRON_MAULANA_1305757_429_2018.pdf] Text
B1_05_IMRON_MAULANA_1305757_429_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang bisa bekerja sama dengan temannya. Peserta didik cenderung kurang berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya pada saat belajar,sehingga menyebabkan hasil belajar Fisika peserta didik menjadi rendah dari KKM yang ditetapkan sekolah. Di samping itu model pembelajaran kooperatif
masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran, juga masih terbatasnya bahan ajar yang tepat untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas.Selanjutnya peneliti menyelidiki pengaruh lembar kerja peserta didik dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dilengkapi time token terhadap kompetensi fisika peserta didik kelas X MIA SMAN 14 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design dengan populasi adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 14 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Purposive Sampling. Data penelitian meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes kompetensi pengetahuan, lembar observasi kompetensi sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t. Dari analisis data dapat dinyatakan hasil penelitian ini hasil belajar fisika pada kedua kelas sampel 78,7 dan 82,5 untuk aspek sikap, pada kompetensi pengetahuan 75,22 dan 80,41 dan pada kompetensi keterampilan 81 dan 84.
Terdapat perbedaan kompetensi yang berarti antara peserta didik yang menggunakan LKPD dalam model pembelajaran kooperatif tipe TTW dilengkapi time token dengan peserta didik yang tidak menggunakan LKPD dalam model
pembelajaran kooperatif tipe TTW pada peserta didik kelas X MIA SMAN 14 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:07
Last Modified: 16 Jun 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item
View Item