Idaharnawati, Idaharnawati (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Memasak Keripik Pisang melalui Metode Latihan bagi Anak Tunarungu Kelas IV di SLB YMIK Bayang (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YMIK Bayang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IDAHARNAWATI_93472_2012.pdf [thumbnail of B1_2_IDAHARNAWATI_93472_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IDAHARNAWATI_93472_2012.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari belum mampunya anak tunarungu dalam
memasak keripik pisang. Hal ini disebabkan anak belum mengenal jenis-jenis pisang,
bahan dan peralatan untuk memasak keripik pisang dan belum mampu
menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk meninngkatkan keterampilan
memasak keripik pisang bagi anak tunarungu kelas IV di SLB YMIK Bayang melalui
metode latihan. Karena melalui metode latihan anak dapat meningkatkan
keterampilan memasak keripik pisang
Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi
dengan guru kelas pada dua orang anak subjek penelitian yaitu anak tunarungu di
kelas IV di SLB YMIK Bayang. Penelitian dilaksanakan dua siklus, siklus I empat
kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan. Pada siklus I anak dibimbing dan
diarahkan memasak keripik pisang, sedangkan siklus II anak memasak keripik pisang
secara mandiri.
Hasil penelitian ini yang dilaksanakan pada siklus I, motivasi anak dalam
keterampilan memasak keripik pisang mulai ada peningkatan walaupun belum
maksimal, contohnya anak belum pandai memasak keripik pisang. Setelah diberikan
pengarahan dan bimbingan, anak merasa tertarik untuk melakukannya. Pada siklus I
pada pertemuan ke empat dalam pengerjaannya sudah ada peningkatan. Pada siklus II
ini lebih ditekankan dengan pengerjaan kemandirian dan pemberian pujian, perhatian
serta memberikan semangat pengerjaannya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan yang
diberikan pada siklus II ternyata dapat meningkatkan keterampilan anak dalam
memasak keripik pisang rata-rata 75%, anak yang tidak bisa mengerjakan menjadi
lebih baik yaitu bisa dan ada sedikit bantuannya. Maka anak tunarungu mampu
melaksanakan keterampilan memasak keripik pisang tanpa bantuan orang lain. Dan
saran untuk orang tua semoga membimbing dan memotivasi anak dirumah dalam hal
keterampilan terutama keterampilan memasak keripik pisang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13937 |