Winata, Desra Fina (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DESRA_FINA_WINATA_54925_6032_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DESRA_FINA_WINATA_54925_6032_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DESRA_FINA_WINATA_54925_6032_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnyahasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya partisipasi aktif siswa dalamproses pembelajaran. Dalam pembelajaran di kelas siswa cendrung pasif hanyamenerima penjelasan dari guru, atau pembelajaran teacher center. Dalam prosespembelajaran siswa cendrung individualisme, sehingga tidak mampu berinteraksidan berkomunikasi dengan siswa lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukanadalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan, karenadengan strategi ini membuat siswa mampu berperan aktif dalam pembelajaran danberinteraksi dengan siswa lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhpenerapan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan terhadap hasilbelajar Fisika siswa kelas X SMANegeri 5 Padang pada ranah kognitif, afektif,psikomotor.Jenis penelitian ini adalah ”quasi experimental”dengan menggunakanrancangan penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitianini adalah siswa kelas X SMANegeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran2013/2014 sebanyak 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik“Cluster Random Sampling”. Kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalahkelas X4sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian berupa tes objektif untuk ranah kognitif, observasi untuk ranah afektifdan rubrik penskoran untuk ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitianmenggunakan uji kesamaan dua rata-rata(uji t) pada taraf nyata 0,05.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitianyaitu pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 80,21 lebih tinggidari pada kelas kontrol 73,37, pada ranah afektif rata-rata kelas eksperimen 77,51,lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 71,45 dan pada ranah psikomotordidapatkan rata-rata kelas eksperimen 86,75 lebih tinggi dibandingkan kelaskontrol 82,38. Setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t makadidapatkan nilai t untuk ketiga ranah yaitu ranah kognitif 2,03, ranah afektif 1,348dan ranah psikomotor 0,876. Dari ketiga ranah hanya ranah kognitif yangmemiliki thitung>ttabel, sehingga hipotesis kerja diterima. Dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang berarti dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipeberbagi pengetahuan terhadap hasil belajar fisika untuk ranah kognitif siswa kelasX SMA Negeri 5Padangdan tidak terdapat pengaruh yang berarti pada ranahafektif, dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13934 |