Pendapat Siswa tentang Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Diri (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas X di SMA Adabiah Padang).

Desniwati, Desniwati (2013) Pendapat Siswa tentang Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Diri (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas X di SMA Adabiah Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DESNIWATI_07382_3064_2013.pdf] Text
B1_5_DESNIWATI_07382_3064_2013.pdf

Download (291kB)

Abstract

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaransebagai bagian integral dari kurikulum sekolah atau madrasah. Kegiatanpengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian siswayang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalahpribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, sertakegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah merupakan bagiandari dunia pendidikan yang harus mendapatkan perhatian khusus dari sekolah danpemerintah, sebab kegiatan yang merupakan ajang untuk menyalurkan bakat danminat ini memegang peranan penting dalam kehidupan siswa di masa yang akandatang. Diketahui bahwa kegiatan ekstra kurikuler sudah dilaksanakan, sering kaliterjadi masalah adalah siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tidak sesuaidengan potensi, bakat dan minatnya. Sehingga pengembangan diri siswa tidakberkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikangambaran pendapat siswa tentang pelaksanaan kegiatan ekstra- kurikuler dalamrangka pengembangan diri di SMA Adabiah Padang.Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasX SMA Adabiah Padang yang berjumlah 633 orang. Sampel diambil denganmenggunakan rumus dari Taro Yamane, jumlah siswa yang menjadi sampeladalah 86 orang, dengan alat pengumpul data berbentuk angket dan data diolahdengan menggunakan teknik analisis persentase.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswaberpendapat bahwa pelaksanaan sosialisasi kegiatan ekstrakurikuler sudahterlaksana dengan baik. (2) Sebagian besar siswa berpendapat bahwa telahtersedia fasilitas yang mendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalamrangka pengembangan diri, (3) Sebagian besar siswa berpendapat bahwa guru BKtelah berperan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangkapengembangan diri peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapatdiberikan hendaknya guru BK lebih memperkenalkan kegiatan ekstrakurikulersupaya memudahkan siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler danlebih melibatkan diri lagi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Dalampengadaan jenis sarana kegiatan ekstrakurikuler yang masih belum lengkap, pihaksekolah bisa bekerja sama dengan komite sekolah untuk mencarikan dana ataumeminta bantuan fasilitas tersebut ke dinas pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER, PENGEMBANGAN DIRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:06
Last Modified: 16 Jun 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13933

Actions (login required)

View Item
View Item