Setiyadi, Imam (2017) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Teknik Audio Video Di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_IMAM_SETIYADI_1302396_3369_2017.pdf [thumbnail of B1_05_IMAM_SETIYADI_1302396_3369_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_IMAM_SETIYADI_1302396_3369_2017.pdf
Download (381kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komparasi/perbandingan hasil belajar antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dengan
Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Teknik elektronika dasar kelas X Teknik Audio Video (TAV) semester genap SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen.
Pengambilan sampel dengan teknik nonprobality sampling dengan purposive sampling, sebagai kelas eksperimen I adalah X TAV 2A menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament dan kelas eksperimen II adalah X TAV 2B menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik
pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I mendapatkan nilai rata-rata 83,44, dan kelas eksperimen II mendapatkan nilai
rata-rata 78,93 dengan persentase komparasi sebesar 4,51 %. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> tyaitu (2,04 > 1,69 ),karena t
hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H0
tabel ) ditolak dan hipotesis alternatif (H) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat
komparasi yang berarti, terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT)) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa menggunakan model
pembelajaran Team Game Tournament lebih tinggi nilainya dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL).a
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13932 |