Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Fandra, Ilyo (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ILYO_FANDRA_1302425_110_2017.pdf] Text
B1_05_ILYO_FANDRA_1302425_110_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Sebagian besar hasil
belajar siswa yang belum tuntas dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dari rentang 0 - 100. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar, salah satunya adalah
strategi dan model pembelajaran yang kurang inovatif. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang berbentuk eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model
pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tidak murni(quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik
Audio Video sebanyak 31 orang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah totaliting sample (semua populasi dijadikan sampel). Dari hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 81,19 dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung sebesar 74,27. Dari hasil perhitungan didapatkan persentase pengaruh model pembelajaran tipe STAD sebesar 9,32 %, sehingga
dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pada pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:06
Last Modified: 16 Jun 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item
View Item