Efektivitas Penggunaan Media Presentasi Interaktif Swishmax pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang.

Ihsan, Ikhwanul (2018) Efektivitas Penggunaan Media Presentasi Interaktif Swishmax pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_IKHWANUL_IHSAN_14065034_3934_2018.pdf] Text
B1_05_IKHWANUL_IHSAN_14065034_3934_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan pada rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari
penggunaan media presentasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain time series design.
Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen, kelas eksperimen adalah kelas X AV B menggunakan media presentasi interaktif.
Sebelum media digunakan pada penelitian, media di uji valid, reliabilitas dan praktikalitasnya. Data diambil dari nilai pretest dan post test siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan sebanyak masing masing tiga kali pertemuan.Kemudian, dianalisis untuk uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, ketiga pretest memiliki nilai yang relatif stabil yang berada di bawah
KKM dengan rata-rata 59,89 dan setelah dilakukan uji posttest, ketiga nilai posttest juga memperlihatkan nilai yang relative konsisten diatas KKM dengan rata-rata
85,69. Karena penelitian menggunakan satu kelompok maka perhitungan uji hipotesis menggunakan one sample t test , dimana nilai rata-rata posttest dibandingkan dengan KKM 80. Hasil perhitungan uji hipotesis (uji t) pada taraf
signifikan α=0,05 diperoleh t hitung > ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak danhipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, peninkatan nilai kelas eksperimen dilihat berdasarkan selisih nilai rata rata posttest dan pretest. Sehingga diperoleh dari data hasil nilai kelas
eksperimen, terdapat peningkatan nilai dengan kenaikan sebesar 25,8.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:06
Last Modified: 16 Jun 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item
View Item