Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang

Syahrial, Husnia (2018) Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_HUSNIA_SYAHRIAL_1305717_387_2018.pdf] Text
B1_05_HUSNIA_SYAHRIAL_1305717_387_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi fisika siswa masih belum memenuhi harapan.Diantara penyebabnya yaitu masih banyak siswa yang tidak memiliki sumber belajar dan kurang optimalnya penggunaan alat praktikum sebagai sarana pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa lebih banyak diarahkan pada
kemampuan menghafal informasi dan kurang dalam pemahaman sehingga siswa kaya secara teori tetapi mskin dalam mengaplikasiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi
model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
yaitu Purposive Sampling. Data yang dikumpulkan ada 2, yaitu data non-tes dan data tes. Data nontes didapat dari lembaran observasi dan lembaran unjuk kerja,sedangkan data tes merupakan hasil tes akhir siswa. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian pada kompetensi sikap yang tergambar melalui grafik menunjukkan bahwa sikap siswa masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada beberapa pertemuan nilai rata-rata sikap yang diperoleh sama dengan nilai pada pertemuan sebelumnya, serta pada beberapa pertemuan juga
mengalami penurunan. Secara keseluruhan data pencapaian kompetensi sikap siswa sudah menunjukkan nilai sikap yang baik. Analisis statistik yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berorientasi
model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Analisis hubungan dua variabel menunjukkan bahwa persentase kontribusi penggunaan LKS berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap pencapaian kompetensi siswa sebesar 24,54% untuk kompetensi
pengetahuan dan 42,52% untuk kompetensi keterampilan. Ini menandakan bahwa penggunaan LKS berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi penacapaian kompetensi siswa, masih
terdapat faktor lain, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW memiliki pengaruh yang
berarti terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas XI SMAN 5 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:05
Last Modified: 16 Jun 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item
View Item