Kontribusi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Putri, Hengraini Eka (2016) Kontribusi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_HENGRAINI_EKA_PUTRI_1102090_099_2017.pdf] Text
B1_05_HENGRAINI_EKA_PUTRI_1102090_099_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. Populasi penelitian
ini berjumlah 64 orang dan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil
belajar siswa diperoleh dari guru bidang studi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sedangkan data kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dikumpulkan
melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik
guru secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri
1 Sumatera Barat sebesar 49,3 %, (2) Kemandirian belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasardasar elektronika
di SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 14,14 %, (3)Persepsi
siswa tentang kompetensi pedagogik guru berkontribusisecara
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri
1 Sumatera Barat sebesar 24,01 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa kelas X mata
pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, semakin tinggi kemandiran belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru maka hasil belajar juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:03
Last Modified: 16 Jun 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item
View Item