Luthfi, Farisha (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FARISHA_LUTHFI_15045006_5335_2019.pdf [thumbnail of B1_01_FARISHA_LUTHFI_15045006_5335_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FARISHA_LUTHFI_15045006_5335_2019.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based
Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran
Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen. Populasi dalam
penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 7 Padang yang
terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster
Random Sampling yaitu teknik yang menghendaki adanya kelompok-kelompok
dalam pengambilan sampel berdasarkan atas kelompok-kelompok yang bersifat
homogen pada populasi. Dalam penelitian ini penentuan kelas sampel dengan
mengambil kelompok sampel yang memiliki ciri-ciri yang sama dan
mempertimbangkan hasil belajar siswa. Instrument penelitian berupa tes dalam
bentuk soal objektif Multiple Choice Test (pilihan ganda), jenis data yang
digunakan adalah data primer yaitu hasil tes kemudian data dianalisis dengan
menggunakan uji beda (t-test) dengan α = 0,05 dan α = 0,01.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem
Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran
Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Hal ini berdasarkan kepada hasil
pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 4,972 dengan taraf
signifikan (α) 0,05 dan (α) 0,01, didapatkan ttabel sebesar 1,665 dan 2,37, artinya
nilai thitung lebih besar dari ttabel. Hasil uji N Gain didapatkan kelas eksperimen
mengalami peningkatan kecerdasan spasial dengan kategori sedang yaitu sebesar
0,465 dan kelas kontrol mengalami peningkatan kecerdasan spasial dengan
kategori rendah yaitu sebesar 0,288.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spasial, Model Pembelajaran Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:02 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1390 |