Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Sosiodrama di TK Islam Adzkia Bukittinggi

Sari, Gita Andria (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Sosiodrama di TK Islam Adzkia Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_GITA_ANDRIA_SARI_58817_2427_2014.pdf] Text
B1_4_GITA_ANDRIA_SARI_58817_2427_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan berbicara anak Tk Islam Adzkia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berbicara anak dalam mengulang kalimat sederhana dan menjawab pertanyaan sederhana.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan 5 kali pertemuan. Tempat penelitian TK Islam Adzkia Bukittinggi, waktu penelitian semester II bulan Desember-Februari. Yang menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Islam Adzkia Bukittinggi tahun ajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan alat pengumpulan datanya pedoman observasi, analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dengan tabel distribusi frekwensi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang baik pada kemampuan berbicara dalam mengulang kalimat sederhana, indikator menyebut kata yang dikenal dan meniru kalimat sederhana. Serta menjawab pertanyaan sederhana pada indikator dapat mengungkapkan perasaan secara sederhana dan menjawab pertanyaan apa, siap, dimana dengan menggunakan metode sosiodrama pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih baik lagi pada kemampuan berbicara dalam mengulang kalimat sederhana, indikator menyebut kata yang dikenal dan meniru kalimat sederhana. Serta menjawab pertanyaan sederhana pada indikator dapat mengungkapkan perasaan secara sederhana dan menjawab pertanyaan apa, siap, dimana dengan menggunakan metode sosiodrama Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada para pendidik dan orang tua agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dengan berbagai metode untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:02
Last Modified: 16 Jun 2025 09:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item
View Item