Islamiah, Hayatul (2018) Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Pada Materi Momentum dan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X Semester II SMAN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HAYATUL_ISLAMIAH_1301631_4492_2018.pdf [thumbnail of B1_05_HAYATUL_ISLAMIAH_1301631_4492_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HAYATUL_ISLAMIAH_1301631_4492_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Saat ini belum ada sumber belajar yang dapat membantu siswa aktif dalamproses pembelajaran. Selain itu kegiatan praktikum cenderung dilakukan demonstrasi di depan kelas, sehingga belum menuntut pembelajaran berpusat padasiswa. Salah satu sumber belajar yang dapat membantu keaktifan siswa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS dipadukan dengan pendekatansaintifik dan model pembelajaran inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian untukmengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadappencapaian kompetensi siswa pada materi momentum dan gerak harmonis sederhana kelas X SMAN 1 Pariaman.
Jenis penelitian adalah Quasi Ekperimental Design dan rancangan penelitianNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian siswa kelas X MIPASMAN 1Pariaman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah PurposiveSampling sehingga didapatkan kelas eksperimen X MIPA1 menggunakan LKS
berbasis inkuiri terbimbing dan kelas kontrol X MIPA3 menggunakan LKS yang tidak mencantumkan sintaks inkuiri terbimbing.Teknik pengumpulan datakompetensi sikap menggunakan lembar penilaian diri dan antarteman, kompetensipengetahuan melalui tes tertulis dan kompetensi keterampilan melalui penilaian unjuk kerja. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-ratamenggunakan statistik uji t. Hasil uji t hitung untuk aspek sikap penilaian diri sebesar 2,45 dan penilaian antarteman sebesar 2,21 pengetahuan sebesar 2,50 dan keterampilan sebesar 2,49
menunjukkan thitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Hal tersebutmenunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel memilikikeberartian pada taraf nyata 0,05 dengan nilai t hitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis inkuiriterbimbingterhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas X SMAN 1 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13885 |