Strategi Pontren Ar-Risalah Padang dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Olimpiade Sains Nasional (IPS) Tingkat SMP

Sari, Dolla Puspita (2016) Strategi Pontren Ar-Risalah Padang dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Olimpiade Sains Nasional (IPS) Tingkat SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DOLLA_PUSPITA_SARI_55335_3698_2016.pdf] Text
B1_4_DOLLA_PUSPITA_SARI_55335_3698_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitianini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat pihak sekolah SMP Pondok Pesantren Ar-Risalah Padang dalam mempersiapkan siswa menghadapi perlombaan yang akan diikuti baik disekolah maupun diluar sekolah baik itu tingkat kota, provinsi maupun tingkat nasional. Sekolah sangat antusias memberikan pelatihan kepada para siswa yang ingin mengikuti pelatihan dengan cara membuka pendaftaran pelatihan bagi para siswa yang ingin ikut dan minat mengikuti pelatihan dapat mendaftarkan diri kepada pihak panitia yang telah ditentukan oleh pihak Pondok Pesantren. Berdasarkan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pontren Ar-Risalah Padang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPS tingkat SMP.
Penelitian ini menggunakan teori structural fungsional dengan konsep
AGIL oleh Parson bahwa suatu fungsi akan berjalan atau tampak apabila ada bagian-bagian yang menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan status yang dimiliki.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dan penggunaan analisis kualitatif dengan mengambil 17 orang informan. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu penarikan kesimpulan dengan sengaja. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Temuan dilapangan menunjukkan bahwa ada tiga strategi Pontren Ar-Risalah Padang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPS tingkat SMP. Adapun strategi Pontren yaitu: (a) memberikan pelatihan study club IPS, (b) mendatangkan pengajar (dosen) dari luar Pondok Pesantren,(c) mengatur jadwal kehadiran bagi siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGIPONTRENDANOLIMPIADESAINNASIONAL (OSN)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:58
Last Modified: 16 Jun 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item
View Item