Yanni, Dery Septa (2020) Perencanaan Karir Siswa SMK (Studi Deskriptif di SMKN Pasaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DERY_SEPTA_YANNI_15006007_141_2021.pdf [thumbnail of B1_5_DERY_SEPTA_YANNI_15006007_141_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DERY_SEPTA_YANNI_15006007_141_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang belummemahami minat dan bakatnya sehingga berdampak pada perencanaan karirnyadan kurang mendapatkan informasi dari guru BK mengenai informasi karir.Perencanaan karir merupakan suatu proses yang harus dijalani dan dilalui individudalam upaya mencapai tujuan karir yang diinginkan. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan mengenai perencanaan karir siswa SMK yang meliputi, 1)pengetahuan dan pemahaman tentang diri, 2) pengetahuan dan pemahamantentang pekerjaan dan 3) pengintegrasian informasi diri dengan pekerjaan yangada.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasipada penelitian ini adalah 524 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Xdan XI SMKN 1 Pasaman tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 246 orang siswayang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumenpenelitian ini menggunakan angket perencanaan karir siswa SMKN 1 Pasaman.Analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) perencanaan karir siswaSMKN 1 Pasaman secara keseluruhan umumnya berada pada kategori baikdengan persentase 58,13%, 2) perencanaan karir siswa SMKN 1 Pasaman dariaspek pengetahuan dan pemahaman tentang diri umumnya pada kategori baikdengan persentase 52,44%, 3) perencanaan karir siswa SMKN 1 Pasaman dariaspek pengetahuan dan pemahaman tentang pekerjaan umumnya pada kategoribaik dengan persentase 47,97% dan 4) perencanaan karir siswa SMKN 1 Pasamandari aspek pengintegrasian informasi diri dengan pekerjaan yang ada umumnyapada kategori cukup baik dengan persentase 55,28%.Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK/konselor untukdapat memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanankonseling individu dan layanan bimbingan kelompok yang terfokus padaperencanaan karir dan bagi siswa dapat meningkatkan dan menfokuskanperencanaan karir sehingga tidak mengalami hambatan atau kesulitan dalammenentukan karirnya dan juga bagi peneliti hasil penelitian ini dapat dijadikandata awal untuk mengembangkan penelitian lanjutan yang berkenaan denganperencanaan karir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERENCANAAN KARIR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13857 |