Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Di SMA Negeri 5 Padang

Hidayat, Handrian (2019) Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Di SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HANDRIAN_HIDAYAT_15045071_5396_2019.pdf] Text
B1_01_HANDRIAN_HIDAYAT_15045071_5396_2019.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis aktivitas belajar siswa 2)
Menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar
siswa 3) Menganalisis upaya-upaya dalam mengembangkan aktivitas belajar
siswa dalam pembelajaran geografi materi kondisi wilayah dan posisi strategis
Indonesia sebagai poros maritim dunia di SMA Negeri 5 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan
Kuantitatif untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar, kendala yang dihadapi
guru dan upaya-upaya dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa. Sampel
yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 SMAN 5 Padang yang
berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik
Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data dianalisis menggunakan Ms. Excel
2010.
Temuan penelitian ini adalah 1) aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2
masih dikategorikan MOTS (Middle Order Thinking Skill) karena persentase
ABD lebih tinggi dari persentase ABL dimana ABD didominasi oleh skor 2 dan
ABL didominasi oleh skor 1 2) Kendala yang dihadapi oleh guru untuk
mengembangkan aktivitas belajar berupa kurangnya media dan sumber belajar
yang tersedia, faktor internal peserta didik, kesulitan guru memahami karakter
setiap peserta didik, dan keterbatasan guru mengawasi peserta didik menggunakan
smartphone 3) Upaya untuk mengembangkan aktivitas belajar berupa
memanfaatkan media dengan efisien, mengenali karakter peserta didik, dan
memberi sanksi jika peserta didik memainkan smartphone.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Kendala, Penelitian Deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:44
Last Modified: 11 Feb 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item
View Item