Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di SMP N 16 Padang

Syahputra, Hario (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_HARIO_SYAPUTRA_1201119_3223_2018.pdf] Text
B1_05_HARIO_SYAPUTRA_1201119_3223_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini beawal dari pengamatan peneliti pada rendahnya hasil belajar siswa di SMP 16 Padang. Salah satu cara yang diduga dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa di SMP N 16 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes group design. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 16 Padang sebanyak 64 siswa, dengan dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok
Eksperimen sebanyak 32 siswa dan Kelompok Kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data terdiri atas tiga tahap yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji
persyaratan analisis dan tahap pengujian hipotesis. Dalam proses perhitungan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil uji t yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan hasil t
hitung sebesar 4,970 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000
sedangkan ttabel 2,040. Dari nilai sig (2-tailed) di atas nilainya lebih kecil dari sigalpha(0,000 < 0,05) dan t
hitung lebih besar dari ttabel (4,970 > 2,040), maka H
0 ditolak. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
dalam penbelajaran seni rupa di SMP N 16 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 11:57
Last Modified: 13 Jun 2025 11:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item
View Item