Ariyanto, Hany Ravi (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HANY_RAVI_ARIYANTO_1102049_391_2017.pdf [thumbnail of B1_05_HANY_RAVI_ARIYANTO_1102049_391_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HANY_RAVI_ARIYANTO_1102049_391_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika kelas X Jurusan Teknik Elektronika semester genap SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik random (acak), sebagai kelas eksperimen adalah XE 2 grup B menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol adalah XE 3 grup B menggunakan model pembelajaran kooperatif. Teknik pengumpulan datadari nilai akhir hasil belajar, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen endapatkan nilai rata-rata 89,60, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 81,20. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan t hitung
> t tabel yaitu (5,714 > 2,042), karena t hitung
besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen
dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebesar 10,34%.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:55 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13841 |