Saleh, Hanisa Ayuda (2018) Pengembangan Konten Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Bahan Ajar Fisika pada materi Vektor dan Gerak Lurus untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HANISA_AYUDIA_SALEH_14033085_2665_2018.pdf [thumbnail of B1_05_HANISA_AYUDIA_SALEH_14033085_2665_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HANISA_AYUDIA_SALEH_14033085_2665_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika dalam kurikulum 2013 tidak terlepas dari
pengembangan kompetensi pengetahuan (KI3) dan kompetensi keterampilan (KI4), tetapi juga perlu untuk pengembangan kompetensi sikap spritual (KI1) dan kompetensi sikap sosial (KI2). Hal ini dibuktikan dengan tuntutan dari kurikulum
2013 untuk menjadikan peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Namun kenyataan di lapangan, tujuan dari kurikulum 2013 tersebut belum terlaksana dengan baik, meskipun sekolah telah menggunakan sarana dan prasaran yang
cukup memadai berupa perangkat pembelajaran yaitu bahan ajar. Sehingga potensi tersebut bisa menjadi solusi pengembangan bahan ajar bermuatan konten kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan salah satu aspek penting
yang perlu dikembangkang dalam pembelajaran untuk membangun karakter
peserta didik melalui bahan ajar. Agar pelaksanaan tuntutan kurikulum 2013
tercapai maka dibutuhkan suatu pengembangan bahan ajar Fisika bermuatan
konten kecerdasan emosional. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
bahan ajar bermuatan konten kecerdasan emosional yang valid dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) yaitu model R&D Sugiyono. Objek penelitian ini adalah bahan ajar
yang memuat konten nilai-nilai kecerdasan emosional pada materi Fisika tentang
vektor dan gerak lurus kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
lembar uji validitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar
peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas
produk, dan analisis efektivitas produk.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai validitas, dan efektivitas dari
bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar bermuatan konten nilai-nilai
kecerdasan memiliki nilai validitas 88,88 dengan kategori validitas sangat tinggi.
Nilai untuk uji efektivitas, diperoleh dari nilai
yaitu -24,07 lebih kecil
dari pada nilai
yaitu 1,70. Sehingga bahan ajar bermuatan konten nilai-nilai
kecerdasan efektif digunakan dalam pembelajaran. Maka dari itu, dapat
disimpulkan bahwa Bahan ajar bermuatan konten nilai-nilai kecerdasan sudah
valid, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13831 |