Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa di Sekolah Menengah Pertama

Jusmita, Handriani (2020) Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa di Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_HANDRIANI_JUSMITA_16020045_2657_2020.pdf] Text
B1_05_HANDRIANI_JUSMITA_16020045_2657_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agar siswa mendapatkan hasil belajar yang bagus, guru dituntut untuk selalu kreatif dan memiliki variasi dalam mengajar agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, namun masih ada guru yang belum memiliki variasi dalam mengajar, guru belum menggunakan media yang tepat, guru
masih banyak yang menggunakan media berupa papan tulis, dan media gambar sehingga menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi yang bersifat konsep dan keterampilan seperti
pada pembelajaran seni rupa. Berdasarkan pencarian di google scholar ditemukan banyak penelitian mengenai penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar,
untuk itu penulis mengkaji penggunaan video pembelajaran tersebut. Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tepat penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran seni rupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Data yang
didapatkan berasal dari artikel yang berkaitan dengan variabel yang dipakai, penulis mendapatkan artikel tersebut dari google scholar. Setelah mengkaji 16 artikel rujukan didapatkan hasil belajar rata-rata setelah menggunakan media video pembelajaran sebesar 79.18. Rata-rata hasil belajar
tersebut membuktikan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 11:53
Last Modified: 13 Jun 2025 11:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item
View Item