Anugrah, Dinda Rizky (2022) Pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar Melalui Online Travel Agent di Rocky Plaza Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DINDA_RIZKY_ANUGRAH_18135099_3905_2022.pdf [thumbnail of B1_4_DINDA_RIZKY_ANUGRAH_18135099_3905_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DINDA_RIZKY_ANUGRAH_18135099_3905_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan selama prapenelitian
pada saat praktek lapangan industri di Rocky Plaza Hotel Padang dan
dilatar belakangi dari permasalahan Online Customer Review yang masih sedikit,
terdapat komentar negatif dan penjualan kamar melalui Online Travel Agent
masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Online
Customer Review (X) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui Online Travel
Agent di Rocky Plaza Hotel Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif digolongkan
penelitian asosiatif kausal dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di
Rocky Plaza Hotel Padang. Populasi yang dalam penelitian ini adalah tamu yang
melakukan pemesanan melalui Online Travel Agent dengan jumlah sampel
sebanyak 208 orang menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik analisis
data pada penelitian ini yaitu mentabulasi data dan deskripsi data. Uji persyaratan
analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji linearitas.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara lansgung dan
melalui google form dengan skala likert. Pengujian hipotesis penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) variabel X
(Online Customer Review) dari indikator yang sudah ditentukan menunjukkan
secara keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 51% berada pada rentang ≥ 48
- ˂ 60 termasuk kategori kurang baik, 2) variabel Y (keputtusan pembelian) dari
indikator yang telah ditentukan menunjukkan secara keseluruhan dengan nilai
persentase 54,8% pada rentang ≥ 63,3 - ˂75,9 termasuk kategori baik, 3) Online
Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui
Online Travel Agent di Rocky Plaza Hotel Padang. berdasaarkan perhitungan
koefisien determinan (R Square) dapat diketahui besarnya pengaruh Online
Customer Review (X) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar74,9%
dan 25,1% dipengaruhi faktor lain
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ONLINE CUSTOMER REVIEW, KEPUTUSAN PEMBELIAN, ONLINE TRAVEL AGENT |
Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13824 |