Kontribusi Motivasi Belajar dan Disiplin terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Menerapkan Dasar –Dasar Elektronika (MDDE) di SMK N 1 Padang

Pranala, Primazose (2015) Kontribusi Motivasi Belajar dan Disiplin terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Menerapkan Dasar –Dasar Elektronika (MDDE) di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PRIMAZOSE_PRANALA_87648_5982_2015.pdf] Text
B1_5_PRIMAZOSE_PRANALA_87648_5982_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi di sekolah bahwa masih ada beberapa siswa kelas X AV yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum, walaupun rata – rata kelas telah melebihi nilai KKM pada mata pelajaran menerapkan dasar – dasar elektronika. KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 8,00 dengan rentangan 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar terdapatnya kontribusi motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar pada mata diklat menerapkan dasar – dasar elektronika (MDDE) kelas X AV di SMK N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai moivasi belajar dan disiplin, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran menerapkan dasar – dasar elektronika (MDDE). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AV di SMKN 1 Padang sebanyak 42 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah secara acak (Simple random sampling). Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Motivasi Belajar (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 15 % (2) Disiplin (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 20,1 % dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel Motivasi belajar (X1) dan Disiplin (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 23.4 %. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENERAPKAN DASAR–DASAR ELEKTRONIKA, DESKRIPTIF KORELASIONAL, SIMPLE RANDOM SAMPLING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 11:36
Last Modified: 13 Jun 2025 11:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item
View Item