Permata, Lidia Herlin (2013) Persiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMK N 1 Kec.Tanjuang Baru Kab.Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_LIDIA HERLIN PERMATA SARI_04252_1993_2013.pdf [thumbnail of B1_5_LIDIA HERLIN PERMATA SARI_04252_1993_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_LIDIA HERLIN PERMATA SARI_04252_1993_2013.pdf
Download (569kB)
Abstract
Seseorang memerlukan persiapan karir untuk menekuni suatu karir. Untuk itu siswa perlu memahami diri dan lingkungan sehingga semakin mantap dalam karir tersebut. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa belum semua siswa memahami dalam mencapai kompetensi Ticketing, Tour planning dan Guiding dalam berbahasa Inggris yang dimiliki siswa Usaha Perjalanan Wisata sehingga belum mendukung siswa untuk memasuki dunia kerja, masih ada siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata yang belum memahami bagaimana keadaan diri pribadinya seperti setelah tamat di jurusan usaha perjalanan wisata mereka kurang berminat untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja dan implikasinya terhadap pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMK N 1 Kec. Tanjuang Baru Kab.Tanah Datar.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, yaitu mengambarkan pendapat responden apa adanya. Populasi penelitian siswa kelas XII SMK N 1 Kec.Tanjuang Baru Kab.Tanah Datar sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII Usaha Perjalanan Wisata sebanyak 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Kemudian diolah dengan menggunakan statistik sederhana.
Hasil penelitian mengungkapkan persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja secara umum berada pada kategori baik, yang meliputi a) memahami karakteristik tiap pekerjaan berada pada kategori baik, b) memahami potensi diri berada pada kategori baik, c) memahami kondisi fisik dan psikologis berada pada kategori sangat baik. Untuk menambah persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja ada aspek-aspek yang perlu diperhatikan, seperti memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada pihak sekolah menyusun program BK untuk menambah persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja dengan menggunakan berbagai bidang BK dan jenis layanan BK, sehingga guru BK dapat membantu persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja dan mengatasi permasalahan yang menyebabkan persiapan siswa dalam memasuki dunia kerja menjadi tidak baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:34 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13814 |